Mengenal Apa Itu KOL dan Mengapa Penting Bagi Brand

Key Opinion Leaders (KOL) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang ahli di bidang tertentu dan menjadi panutan banyak orang di bidang yang ia geluti tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu kol dan bagaimana peranannya bagi sebuah brand atau merek.

Apa Itu Kol?

Key Opinion Leader adalah orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman hebat dalam bidang tertentu serta pendapatnya sangat berarti bagi industri atau publik. Perannya dalam sebuah produk adalah untuk membuktikan bahwa merek tersebut memiliki produk yang sangat bagus dan disetujui oleh ahlinya. Alhasil, dengan adanya KOL pada suatu merek dapat menarik konsumen untuk percaya dan membeli produk dari merek tersebut.

Anda mungkin menganggap Key Opinion Leader sama dengan influencer media sosial, namun ini sedikit berbeda. Mereka tidak hanya memiliki pengikut yang besar di media sosial, namun juga memiliki pemahaman yang baik dan mendalam tentang satu bidang tertentu.

Definisi influencer lebih merujuk kepada seseorang dengan eksposur internet yang besar, kerap membantu pemasaran brand tetapi mereka kebanyakan tidak benar-benar tahu tentang produk dengan baik. Pihak brand mempekerjakan mereka hanya karena influencer dapat mempengaruhi orang untuk membeli produk.

Di China rekomendasi dari KOL sangat berarti sehingga dapat memengaruhi 83% konsumen. Jadi, peran Key Opinion Leader sangat kuat untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, bahkan menarik lebih banyak konsumen dan mengembangkan bisnis ke level lain. Saking besarnya pengaruhnya, mereka dianggap punya pengaruh lebih besar dari media massa

Manfaat KOL untuk Brand

Jika Anda memiliki bisnis, Anda mungkin mempertimbangkan untuk bermitra dengan KOL untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Berikut manfaat KOL dalam pemasaran. 

1. Rekomendasi Dengan Dampak Yang Besar

Riset menunjukkan bahwa opini dan rekomendasi dari seorang KOL dapat meningkatkan pembelian 50 kali lebih tinggi. Memang konsumen membutuhkan rekomendasi dari sosok atau ahli yang dipercaya untuk menggunakan dan membeli suatu produk.

2. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Menurut Nielsen 92% konsumen lebih cenderung mempercayai opini dari KOL daripada iklan. Kepercayaan juga merupakan kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang terikat dengan produk.

3. Meningkatkan Traffic dan Penjualan

KOL mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Berdasarkan data,  115% lebih kaum milenial dipengaruhi oleh promosi dari mulut ke mulut KOL. Di pasar Tiongkok, KOL telah mendorong penjualan e-niaga senilai US $ 4 miliar pada tahun 2018.

4. Seorang Influencer Sejati

Alih-alih bermitra dengan influencer yang tidak memiliki keahlian spesifik, Anda mungkin lebih baik menjalin kerja sama dengan KOL. Misalnya, perusahaan fintech investasi bekerja sama dengan influencer yang kerap membagikan pengalaman berinvestasinya. 

Bagaimana Memilih KOL yang Tepat untuk Bisnis Anda

Setelah mengetahui tentang definisi key opinion leader, sekarang Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara memilih KOL yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih key opinion leader sebagai representasi merek bisnis Anda.  Berikut beberapa di antaranya. 

1. Relevansi

Strategi key opinion leader yang pertama adalah menemukan seberapa relevan angka KOL untuk pasar sasaran Anda. Jika Anda memiliki bisnis kosmetik, maka pilihan yang paling relevan dan tepat untuk Key opinion leader adalah spesialis kulit atau dokter kecantikan. Jika hanya memiliki pengikut besar namun tidak relate dengan produk, bukan KOL itu namanya. 

Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih KOL yang memiliki misi, visi, dan ide yang sama. Mereka juga harus memiliki pengalaman dalam mempromosikan produk serupa di industri. 

2. Jangkauan

Kekuatan pengaruh Key opinion leader di publik dapat secara efektif membantu Anda menjangkau audiens yang lebih banyak dan lebih besar berdasarkan target pasar Anda. Ingatlah bahwa KOL adalah seorang pakar, pendapat mereka tentang merek Anda penting dan paling dihargai. 

Kepercayaan dan kredibilitas yang berasal dari Key Opinion Leader akan selalu mempengaruhi khalayak yang lebih luas. Dalam banyak aspek, mereka akan mendatangkan lebih banyak audiens untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda.

3. Engagement 

Keterlibatan dalam brand marketing adalah interaksi antara merek, produk, dan layanan dengan audiens yang mengikuti keterikatan emosional. Peran key opinion leader dapat meningkatkan keterikatan bisnis Anda, yang ditandai dengan semakin banyaknya audiens yang melihat, berkomentar, menyukai, dan membagikan produk yang dipublikasikan di media sosial atau platform lainnya.

Oleh karena itu, Anda juga harus memilih figur yang tepat dengan jumlah fans atau pengikut yang bukan saja banyak, namun aktif. Pada gilirannya, engagement yang dihasilkan juga akan meningkatkan penjualan bisnis. 

4. Berpengaruh

Key opinion leader lebih dari sekadar influencer biasa atau selebriti media sosial – tetapi mereka juga dapat memberikan saran dan semacam konsultasi dalam menggunakan produk kepada khalayak.

Sebagai audiens, Anda lebih tertarik membeli dan menggunakan produk yang mendapat pengakuan oleh seorang ahli, bukan? Itulah daya tarik KOL untuk mempengaruhi orang.

Kesimpulan

Key opinion leader merupakan salah satu dari banyak strategi pemasaran yang bagus untuk membantu bisnis Anda. Pendapat, saran, dan kata-kata dari mereka penting dan dipercaya, sehingga dapat meningkatkan brand awareness sampai penjualan.

Anda dapat berkonsultasi dengan agensi digital marketing profesional untuk memilih tokoh dan strategi KOL terbaik untuk bisnis Anda. Selain dengan KOL, imbangi strategi digital Anda dengan teknik-teknik lain agar lebih efektif. 

SMEBRO adalah digital marketing agency yang dapat membantu Anda mengoptimalkan strategi marketing melalui jasa seo, digital advertising dan web development. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *