Panduan Lengkap Cara Riset Keyword Untuk Website (2020)

Bagi Anda yang sudah mengenal apa itu SEO, pasti sudah tidak asing lagi dengan metode atau cara riset keyword. Ini merupakan salah satu kunci agar halaman website kita berada di Page One Google.

Riset keyword adalah serangkaian cara untuk menemukan kata kunci yang tepat dengan memperhatikan berbagai faktor seperti volume pencarian dan tingkat persaingan. Bagi penulis konten blog atau website, riset keyword menjadi tahapan wajib agar artikel yang dihasilkan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna internet.

Tanpa keyword research, artikel yang dibuat tidak memiliki tujuan yang jelas dan kemungkinan tidak ditemukan oleh pengguna. Lalu, bagaimana cara riset keyword yang benar dan seperti apa tahapannya?

Faktor-Faktor Penting Dalam Riset Keyword

Sebelum membahas lebih jauh mengenai keyword research, penting sekali untuk memahami apa faktor yang membuat sebuah keyword dapat dikatakan “tepat” untuk kita garap artikelnya.  Berikut beberapa faktor yang Anda perlu perhatikan.

Volume Pencarian 

Dalam keyword research, volume pencarian menunjukkan seberapa sering kata kunci itu dicari atau diketikkan oleh pengguna search engine. Semakin besar volume pencariannya maka semakin besar pula konten yang dibuat itu kemungkinan mendapatkan pembaca.

Contoh berdasarkan data dari Ahrefs, kata kunci “tips diet sehat” memiliki volume pencarian 2.K. Artinya, terdapat 2.000 pencarian pengguna internet dengan kata kunci tersebut selama sebulan terakhir.

Keyword Difficulty

Apakah kata kunci yang punya volume besar itu bagus? Bisa ya dan tidak. Prinsipnya, semakin besar volume pencarian maka semakin besar pula kesulitannya karena sudah pasti banyak situs mengincar kata kunci yang sama.

Baca Artikel Lainnya :  Apa Itu SEO dan Bagaimana Perannya Dalam Bisnis

Keyword Difficulty biasanya ditampilkan dalam skala 0-100. Semakin tinggi nilainya maka semakin berat persaingannya. Situs-situs yang menang dengan kata kunci sulit memiliki backlink dan Domain Authority yang kuat.

Keyword Suggestion

Search Suggestion adalah daftar kata kunci yang terkait dengan keyword yang ditargetkan. Misalnya, jika Anda meriset keyword “tips diet”, maka akan muncul beberapa suggestion seperti “cara diet super cepat”, “cara diet alami”, dan “cara diet sehat”.

Keyword Suggestion bisa Anda dapatkan pada bagian bawah hasil pencarian atau Search Engine Results Pages (SERP). Atau Anda juga bisa mencari lebih banyak keyword suggestion dengan memakai tools keyword research.

Jenis-Jenis Keyword

Berdasarkan jumlah katanya, keyword dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu: 

  • Short Tail Keyword

Jenis kata kunci ini terdiri atas satu atau dua kata saja. Contoh short tail keyword adalah; “jual kaos”, “kosan depok’, “wisata bandung”, dan lain-lain. Jenis kata kunci ini umumnya memiliki volume pencarian dan persaingan yang tinggi. 

  • Long Tail Keyword

Long tail keyword adalah jenis kata kunci yang memiliki dua kata atau lebih. Pengguna biasanya menggunakan kata ini untuk mencari sesuatu yang spesifik. Contoh long tail keyword adalah “cara membuat blog pribadi” atau “cara membuat blog di wordpress”.

Dari search volume, jenis kata kunci ini tidak seramai short tail keyword. Ini dapat menjadi peluang bagi situs baru untuk menempati urutan pertama menggunakan long tail keyword.

Manfaat Melakukan Riset Keyword

Berikut adalah manfaat yang bisa Anda ambil jika melakukan keyword research sebelum membuat konten.

  • Sumber Ide

Tidak perlu lagi merasa kehabisan ide karena harus membuat konten apa hari ini. Dengan memahami search volume, Anda menjadi paham apa yang diinginkan oleh pengguna.

Baca Artikel Lainnya :  Daftar 7 Situs Untuk Belajar Digital Marketing Gratis

Dari kata kunci yang pencariannya tinggi itu, dapat dikembangkan lagi keyword turunanya untuk artikel selanjutnya. Riset Keyword juga membantu Anda menemukan topik-topik yang relevan dengan niche website atau blog.

  • Panduan Dalam Menulis

Dalam penulisan untuk website, struktur sangatlah penting. Ini akan membimbing Anda untuk membuat struktur penulisan yang tepat.

Selain itu, memahami suggestion keyword dapat membuat tulisan dengan variasi kata kunci yang lebih beragam.

  • Menemukan Topik Baru

Memahami bagaimana cara riset keyword membantu Anda menemukan topik-topik baru. Ini sangat berguna ketika Anda sedang berupaya mengoptimasi kata kunci yang terkait dengan bisnis.

  • Membantu menganalisa kompetitor

Keyword research adalah salah satu cara yang dipakai untuk menganalisa kekuatan dari kompetitor bisnis Anda. Ambil contoh keyword “jual kaos polos”, cek hasil SERP dan cari tahu siapa saja yang berada di urutan atas.

Kemudian, lakukan langkah-langkah analisis mendalam dengan mempelajari konten yang mereka buat, berapa banyak mereka punya backlink dan lain sebagainya.

Tools Untuk Riset Keyword

Untuk membantu Anda dalam melakukan riset keyword, ada sejumlah tools gratis yang sangat bermanfaat. Beberapa keyword tools di bawah ini sebenarnya berbayar namun Anda dapat memakainya secara gratis dengan limit tertentu.

Ubersuggest

Ubersuggest adalah tools gratis dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Di sini Anda dapat mengetahui search volume dan keyword suggestion untuk mencari kata kunci mana yang tepat. Data yang ditampilkan dalam situs ini dapat Anda unduh dalam format CSV.

Menariknya, Ubersuggest punya fitur Content Ideas yang menampilkan SERP situs teratas untuk keyword tertentu. Dari fitur ini, Anda dapat melihat contoh struktur konten yang dibuat oleh kompetitor.

Keyword Ubersuggest sendiri dimiliki oleh Neil Patel yang merupakan salah satu tokoh berpengaruh dalam dunia digital marketing.

Baca Artikel Lainnya :  Apa Itu On Page SEO dan Bagaimana Mengoptimasinya

Google Trends

Google Trends merupakan alat buatan Google yang dapat menampilkan kata kunci populer secara realtime. Anda bisa memanfaatkan ini untuk melakukan riset keyword. Menariknya, Google Trends dapat menampilkan pergerakan suatu keyword selama beberapa tahun ke belakang.

SEMrush

SEMRush menawarkan tools riset keyword yang lengkap. Anda harus menjadi anggota terlebih dahulu agar bisa menggunakan tools ini. Sayangnya, SEMRush Anda tidak dapat melihat semua saran kata kunci jika belum menjadi anggota premium.

Keyword Shitter

Tools ini boleh dibilang sangat sederhana. Hanya terdapat satu page berisi box kata kunci. Anda tinggal memasukkan kata kunci tertentu seperti “bisnis online” lalu tools akan mencari related keywordnya. Hasilnya, dapat Anda unduh dalam format TXT.

Leave a Reply