Cara Membuat Website Gratis dan Mudah (Tanpa Koding)

Jika Anda sedang mencari cara membuat website gratis, artikel ini dapat membantu. Membuat website saat ini memang semakin mudah dan murah. Tanpa menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan PHP yang rumit itu pun Anda sudah bisa membuat website sendiri. 

Memiliki website saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak pihak, entah itu brand, lembaga, tokoh, atau para pekerja freelance. Dengan memiliki website, Anda dapat menampilkan citra, produk, maupun portofolio yang dapat diakses semua orang. 

Bagi pelaku usaha, Anda dapat membuat toko online sendiri untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Manfaatkan sektor e-commerce Indonesia yang sedang bertumbuh kencang sejak beberapa tahun terakhir. 

Berdasarkan data Facebook dan Bain & Company, 53% orang Indonesia sudah pernah berbelanja di internet. Tentu ke depan akan semakin banyak lagi karena e-commerce Indonesia yang paling cepat tumbuh di dunia.  

Tahapan Cara Membuat Website Gratis

Sebelum mulai membuat website, ada baiknya bila Anda memahami tahapan-tahapan dalam membuat website. Ini penting agar prosesnya menjadi lebih terstruktur dan Anda paham garis besarnya dari awal sampai akhir. 

Berikut tahapan membuat website. 

Menentukan Tujuan Pembuatan Website

Ada banyak sekali jenis website yang ada saat ini. Masing-masing dibuat untuk beragam tujuan yang berbeda. 

Menentukan tujuan pembuatan website memang terkesan sepele. Namun, ini akan sangat berpengaruh pada proses pembuatan nantinya. Dari mulai desain user interface dan user experience, besaran hosting yang dibutuhkan, sampai fitur apa saja yang diperlukan. 

Oleh karena itu, Anda perlu mendefinisikan dengan jelas tujuan Anda dalam membuat website. Sebagai gambaran, berikut jenis-jenis website berdasarkan fungsinya. 

  • Website Pribadi

Jenis website ini dipakai untuk tujuan pribadi seperti menulis cerita, berbagai informasi mengenai topik tertentu, atau sebagai media personal branding. 

Jika Anda seorang pakar bisnis misalnya, Anda dapat menggunakan website pribadi ini untuk menjangkau pelaku usaha pemula yang ingin sekali belajar bisnis. Ada bisa memuat artikel, video, maupun podcast sebagai media pembelajaran di situs tersebut. 

  • Website Instansi 

Setiap instansi pemerintah saat ini diharuskan membuat website sendiri. Hal ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memberikan akses informasi yang terbuka kepada masyarakat. 

Jika dahulu misalnya orang harus datang langsung ke kantor pemerintah untuk mengurus dokumen, sekarang sudah bisa dilakukan dengan website. Misalnya, untuk keperluan membayar pajak, Anda bisa membuka situs resmi Direktorat Jenderal Pajak

  • Website Brand
Baca Artikel Lainnya :  Mengenal Apa Itu Google Ads dan Keunggulannya

Memiliki website sudah menjadi keharusan bagi brand jika tidak mau ketinggalan dengan kompetitor. Beberapa brand membuat situs web untuk menampilkan produk mereka sekaligus menjadi tempat konsumen untuk membeli secara online. 

Namun, banyak pula yang hanya menjadikannya sebagai company profile karena bisnis mereka lebih banyak berjalan secara offline. Contoh website jenis ini adalah situs Bulgari Hotel di Bali, situs perusahaan pertambangan Vale Indonesia

  • Website Toko Online

Ada beberapa website yang sengaja dibuat untuk bisa menghasilkan penjualan langsung. Situs jenis ini sedikit kompleks karena harus memuat daftar produk, fitur transaksi sampai penghitungan biaya ongkos kirim. 

Website toko online ini ada dua jenis. Pertama, toko online yang dibuat dan dikelola sendiri oleh pemilik bisnis. Kedua, toko online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada

  • Website Komunitas

Website juga semakin dibutuhkan bagi komunitas untuk menampilkan profil dan kegiatan mereka. Selain itu, komunitas juga dapat membuat konten edukasi, press release dan lain sebagainya. 

Salah satu yang cukup baik memanfaatkan website untuk tujuan ini adalah Komunitas Historia Indonesia. Mereka menampilkan arsip kegiatan, jadwal kegiatan sampai jurnal untuk para anggotanya. 

  • Blog

Meskipun sekarang konten video lebih banyak diminati, blog masih tetap dibutuhkan. Banyak orang yang menggunakan blog untuk menyampaikan gagasan, maupun keahlian yang mereka miliki. 

Dengan cara seperti ini, mereka dapat membuka peluang bisnis juga. Misalnya, Anda suka sekali memasak dan menulis hal-hal seputar masakan di blog. Ini akan memberikan keuntungan seperti kerja sama dengan industri FnB. 

Itulah beberapa jenis website berdasarkan fungsi pembuatannya. Mulailah untuk mendefinisikan apa tujuan membuat website, seperti apa desain yang cocok untuk website sejenis dan fitur apa saja yang diperlukan. 

Memilih Penyedia Pembuatan Website Gratis

Banyak situs yang menyediakan fasilitas pembuatan website secara gratis dan mudah. Tidak perlu belajar koding, situs di bawah ini bisa kamu buat meski tanpa belajar pemrograman. Menariknya lagi, mereka juga menyediakan hosting gratis sehingga Anda tak perlu membeli hosting lagi. 

Berikut 5 situs yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat website. 

WIX

WIX merupakan situs pembuatan website gratis yang populer karena iklannya banyak dijumpai. Situs ini terbilang powerful karena memungkinkan pengguna membuat website hanya dengan drag and drop alias tanpa coding sama sekali.  

WIX menggunakan visual builder yang sederhana sehingga mudah dipakai. Pengguna dapat memilih berbagai template website yang menarik dan atraktif. Dari sisi teknologi, WIX sudah menggunakan HTML5 yang ramah dengan search engine. Ada hosting berkapasitas 500 MB yang sudah cukup untuk membuat website pemula.

Weebly 

Weebly adalah web builder yang sudah cukup dikenal sejak lama untuk membuat website yang mudah. Untuk Anda yang ingin membuat situs e-commerce menggunakan Weebly pun sudah bisa. 

Weebly menawarkan ratusan template modern yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Keunggulan Weebly dibanding lainnya yakni editor webnya dapat diakses di smartphone. 

Dari aspek optimalisasi web, Weebly sudah memiliki fitur SEO untuk membantu Anda membuat web yang Google Friendly. Menariknya lagi, mereka menawarkan hosting, sub domain, jumlah halaman tanpa batas. 

WebsiteBuilder

Tidak perlu belajar HTML dan CSS untuk membuat situs web yang cantik dengan segudang fitur hebat. WebsiteBuilder dapat melakukannya dengan visual web builder. 

Berbeda dengan situs sejenis, WebsiteBuilder juga punya fitur email marketing. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengirim email promosi dengan desain custome kepada pelanggan. Belum punya logo untuk website, tenang karena WebsiteBuilder pun punya fitur untuk membuatnya. 

IM Creator

Tidak kalah dari situs sejenis, IM Creator bisa jadi pilihan karena menawarkan hosting yang tak terbatas. Anda juga dapat menghubungkannya dengan domain sendiri sehingga lebih terkesan profesional. 

Desain theme yang ada di IM Creator sudah responsive sehingga akan nyaman dibuka di perangkat telepon genggam. Teknologi inilah yang dibutuhkan setiap website karena algoritma Google memberikan perhatian khusus bagi pencarian internet menggunakan smartphone. 

WordPress

WordPress merupakan aplikasi open source berbasis CMS yang paling populer. Tidak kurang dari 30% situs yang ada di dunia dibangun menggunakan WordPress. 

WordPress sendiri memiliki dua jenis yaitu WordPress.com yang lebih mirip layanan micobloging seperti blogspot dan WordPress.org untuk CMS website dengan hosting sendiri. 

Jika Anda ingin membuat website tanpa biaya sama sekali, maka WordPress.com bisa menjadi pilihan. Anda akan mendapatkan 3GB hosting yang lebih banyak daripada layanan sejenis. Sayangnya, meski banyak theme yang bisa dipakai, WordPress.com tidak memiliki fitur drag and drop seperti WIX dan sejenisnya. 

Jika Anda ingin website lebih profesional dengan fitur custome, maka sebaiknya menggunakan WordPress.org. CMS ini menjadi pilihan bagi banyak situs di dunia karena widget nya yang beragam dan SEO friendly. 

Kesimpulan

Itulah informasi seputar cara membuat website gratis yang bisa dipakai untuk berbagai tujuan. Namun karena gratis, tentu ada saja kelemahannya seperti kurangnya kontrol terhadap website yang kita miliki. 

Jika Anda memiliki keinginan kuat untuk membangun situs sendiri, Anda dapat memanfaatkan layanan digital agency untuk membantu membuat website yang bagus. Salah satunya SMEBRO yang memiliki jasa pembuatan website untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Leave a Reply