Apa Itu SEO dan Bagaimana Perannya Dalam Bisnis

Salah satu bagian yang tak terpisahkan dari Digital Marketing adalah Search Engine Optimization atau SEO. Untuk kamu yang masih belum tahu apa itu SEO, artikel ini akan mencoba menguraikannya secara lengkap. 

Sebagai bagian dari digital marketing, apa peran SEO bagi sebuah bisnis? Apakah SEO adalah cara yang tepat untuk bisnis online yang sedang kamu jalani saat ini? 

Berikut ulasannya. 

Apa Itu SEO?

SEO adalah upaya mengoptimalkan hasil pencarian dari mesin pencari (search engine) untuk menghasilkan traffic atau kunjungan ke website. Perlu ditekankan bahwa yang dioptimalkan sebenarnya adalah website yang kita miliki, bukan mesin pencari itu sendiri. 

Tujuan utama dari SEO adalah memuncaki hasil pencarian mesin pencari dengan kata kunci atau keyword yang sudah kita targetkan. Mesin pencari seperti Google, punya mekanisme sendiri untuk menampilkan hasil pencariannya. 

Jadi, yang dilakukan SEO adalah mencari tahu bagaimana Google bekerja lalu mengoptimalkan segala upaya agar bisa berada di page satu hasil pencarian. 

Dengan menempati rangking tertinggi hasil pencarian, maka kamu semakin dekat untuk mencapai tujuan bisnis. Misalnya, kamu dapat meningkatkan potensi pembeli yang masuk sehingga menambah hasil penjualan. 

Cara Kerja SEO

Setelah memahami apa itu SEO, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana SEO bekerja? Untuk itu, kita perlu memahami bagaimana mesin pencari seperti Google bekerja.

Secara umum, yang terjadi “di belakang layar” saat seseorang mengetikkan sebuah kata kunci di Google adalah sebagai berikut. 

Crawling 

Crawling adalah tahapan awal yang dilakukan oleh mesin pencari untuk mengumpulkan informasi dari jutaan website yang terhubung di internet. Proses ini membutuhkan sebuah perangkat lunak yang disebut Spider untuk mengumpulkan informasi dari satu halaman website ke halaman website lainnya. 

Jika digambarkan, proses ini akan seperti jaring laba-laba di semua website seperti saling terhubung satu sama lain. 

Indexing

Setelah proses pengumpulan informasi, Google akan melakukan indeksasi untuk menyimpan data semua halaman website ke dalam indeks database mereka. Sebenarnya, Google tidak menyimpan semua halaman website tersebut. 

Yang disimpan Google adalah informasi dasar website saja seperti URL, judul, keyword dan deskripsi. Informasi ini terus diupdate oleh Google setiap saat sehingga mereka memiliki database website yang besar.  

Ranking

Ketika user mengetikkan sebuah kata kunci, maka akan muncul ribuan hasil pencarian. Google, berusaha menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dan sebaik mungkin untuk menjawab apa yang dicari oleh pengguna. 

Karena itu, Google perlu melakukan rangking website yang memiliki konten terbaik dan relevan dengan pencarian pengguna. Google menggunakan ratusan indikator untuk menentukan secara otomatis siapakah yang layak menempati urutan teratas pencarian. 

Cara Menerapkan SEO untuk Website

Lalu, setelah memahami apa itu SEO bagaimana cara kerjanya, bagaimana kita bisa memulainya? Apa yang harus dilakukan untuk mengoptimalisasi hasil pencarian. 

Secara umum, optimalisasi SEO terdiri dari dua jenis yaitu On Page dan Off Page. Berikut penjelasan singkatnya. 

On-Page SEO

On Page SEO adalah upaya optimalisasi website dari dalam website itu sendiri. Inti dari on page SEO adalah membuat konten yang sebaik dan serelevan mungkin dengan apa yang dicari oleh pengguna. 

Untuk melakukannya, kita perlu mengoptimasi komponen-komponen yang ada di page sebuah website seperti keyword, judul, URL, meta description, gambar, outbound link, internal link, sampai kecepatan website. 

Salah satu kunci sukses on page SEO adalah riset keyword yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Ada beberapa jenis keyword yang biasanya ditargetkan yaitu; 

  • Keyword Informational
Baca Artikel Lainnya :  Mengenal Apa Itu KOL dan Mengapa Penting Bagi Brand

Pengguna yang mengetikkan kata kunci ini hanya ingin mencari informasi saja. Beberapa keyword informasional seperti; apa itu saham, cara merawat sneakers dan lain sebagainya. 

  • Keyword Investigational

Keyword jenis ini dipakai untuk mencari tahu atau membandingkan suatu produk. Prengguna internet mungkin sedang mencari tahu tempat liburan di Bandung sehingga mereka mengetikkan kata kunci “tempat liburan bandung”. 

  • Transactional Investigation

Tidak sedikit pengguna mesin pencari yang memang ingin membeli suatu produk saat itu juga. Jadi mereka mengetikkan kata kunci seperti “jual sneakers Jakarta:, “jual sneakers terbaik” dan lain sebagainya. 

  • Keyword Navigational

Keyword ini adalah jenis keyword yang secara spesifik mencari tahu informasi produk tertentu seperti harga. Pengguna sudah tahu produk apa yang ingin dibeli namun membutuhkan informasi spesifik tertentu mengenai produk itu. Misalnya, “harga tiket masuk Ancol”, “harga kaos Supreme” dan sebagainya. 

Off-Page SEO

Berbeda dengan on page, off Page SEO lebih menekankan kepada upaya-upaya optimasi di luar website itu sendiri. Dengan kata lain, hal-hal yang tidak berkaitan dengan konten namun sangat penting perannya. 

Salah satu yang dilakukan pada off page SEO adalah link building yakni mengupayakan link eksternal yang masuk ke website kita. Bukan hanya mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya, namun juga mendapatkan backlink yang berkualitas. 

Perannya Dalam Bisnis

Nah, bagi kamu yang saat ini memiliki website untuk bisnis online seperti menjual produk atau mempromosikan barang, SEO dapat membantu hal-hal berikut ini.

Mendatangkan Pengunjung

Sudah menjadi kebiasaan baru sejak beberapa tahun terakhir, orang mencari infomasi di internet, termasuk informasi produk. SEO berperan untuk mendatangkan sebanyak mungkin pengunjung ke website kamu. 

Setelahnya, mereka akan mencari tahu lebih lanjut mengenai webiste kamu, dan produk apa yang ada di dalam website tersebut. 

Mencari Pembeli Potensial

Dengan kata kunci yang spesifik, kamu bisa menemukan pembeli potensial untuk suatu produk. Caranya, dengan mengoptimalisasi kata kunci transaksional seperti “jual kaos polos”, “jual kaos polos jakarta” dan lain sebagainya. 

Orang- orang yang mengetikkan kata kunci tersebut cenderung punya daya beli karena sudah ada tujuan yang jelas. Mereka ingin membeli kaos polos dan karena itu mereka mencari penjual kaos polos di internet. 

Menurut survei yang dilakukan oleh Edelman, 63% pengguna internet mempercayai search engine untuk menemukan informasi atau berita. Artinya, search engine semakin banyak dipakai orang dan bisnis kamu bisa masuk ke situ.

Baca Artikel Lainnya :  Daftar 7 Situs Untuk Belajar Digital Marketing Gratis

Branding

Tidak semua tujuan bisnis online adalah sales. Beberapa di antaranya hanya ingin memberitahukan orang-orang bahwa mereka punya bisnis offline seperti restoran atau tempat pariwisata. 

SEO dapat membantu ini dengan melakukan branding di mesin pencari. Misalnya, kamu adalah seorang pengusaha restoran di Kota Surabaya. Kamu ingin agar orang-orang luar kota yang datang ke sini bisa mampir ke restoran kamu. 

SEO dapat mengoptimalisasi keyword seperti “restoran terbaik di surabaya”, “tempat makan di surabaya” dan lain sebagainya. Jika kamu berhasil memuncaki kata kunci seperti ini, tempat usaha kamu pun dapat dikenali dengan mudah. 

Investasi Jangka Panjang

Perlu diketahui, SEO itu bukanlah cara yang instan. Jika kamu ingin mendatangkan orang ke website dengan cara cepat, maka gunakan cara lain seperti memasang Ads di Google atau media sosial. Namun, cara ini memerlukan cost yang tidak sedikit dan hasilnya pun hanya sebesar cost yang dikeluarkan. 

SEO memerlukan waktu karena banyak hal yang harus dioptimalkan. Namun, hasilnya akan sebanding karena hasilnya bisa jangka panjang. Webiste kamu mungkin akan merajai kata kunci bisnis tertentu selama beberapa lama sehingga yang perlu dilakukan hanyalah menjaganya. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai apa itu SEO dan bagaimana itu dapat membantu suatu bisnis. SEO sendiri bukanlah satu-satunya cara untuk mendatangkan konsumen. Semuanya dapat disesuaikan dengan tujuan bisnis kamu saat ini.

Menjalankan SEO memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Butuh waktu untuk belajar, mencoba-coba berbagai cara untuk bisa sampai sukses di page one. Kamu dapat memanfaatkan jasa digital agency seperti SMEBro untuk membantu memaksimalkan website penjualan.  

2 thoughts on “Apa Itu SEO dan Bagaimana Perannya Dalam Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *