Mengenal Apa Itu Backlink dan Manfaatnya Dalam SEO

Backlink adalah tautan atau link dari situs web lain yang diarahkan ke situs web Anda. Backlink banyak dipakai oleh para pakar SEO untuk tujuan optimasi sehingga website Anda ikut ter-crawling dalam algoritma mesin pencari. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu backlink, fungsi, jenis-jenis, dan mengapa backlink penting dalam SEO.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan dari situs web atau halaman lain yang mengarah ke situs web Anda, atau sebaliknya. Backlink digunakan sebagai sinyal kepada mesin pencari seperti Google atau Bing untuk memberi tahu bahwa konten Anda dapat dipercaya dan patut diperhatikan.

Kesuksesan sebuah web mendapatkan backlink dapat membantu menaikkan peringkat situs tersebut di mesin pencari. Terlebih lagi  jika Anda mendapatkan backlink dari halaman atau situs web berkualitas tinggi. 

Ketika situs mendapat backlink dari web berkualitas tinggi, mesin pencari akan menilai bahwa situs Anda mendapatkan pengakuan dari mereka. Ini secara efektif meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web Anda di mesin telusur nantinya.

Manfaat lain dari backlink dalam SEO (Search Engine Optimization) adalah meningkatkan lalu lintas situs web dan memperluas audiens. Misalnya, ketika Anda memiliki backlink dari situs web yang lebih besar, itu berarti beberapa audiens mereka juga akan mengklik kemudian mengunjungi situs web Anda. Audiens tersebut bisa menjadi pengunjung potensial untuk pertumbuhan situs Anda.

Tidak heran bila banyak situs perusahaan memasang advertorial di media online untuk mendapatkan backlink. Mereka juga bekerja sama dengan para blogger aktif yang telah memiliki banyak penggemar. 

Mengapa Backlink Penting?

Backlink memainkan peran penting dalam strategi SEO. Mesin pencari seperti Google melakukan teknik crawling dari waktu ke waktu untuk menemukan situs web yang relevan dengan kata kunci tertentu. Google akan menelusuri setiap situs demi situs yang ada di internet melalui link yang saling terkait. 

Oleh karena itu, backlink dapat membantu Google menemukan situs Anda untuk ditampilkan dalam hasil pencarian. Nah, berikut beberapa hal lain tentang pentingnya sebuah backlink. 

Membantu Meningkatkan Reputasi Website di Search Engine 

Tahukah Anda bahwa Google menggunakan backlink sebagai salah satu indikator untuk menentukan popularitas sebuah situs web? Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan dari situs web lain, biasa semakin tinggi pula nilai situs web Anda di mata Google. Itu juga berarti Anda mendapatkan reputasi yang baik dari Google.

Reputasi atau Domain Rating ini penting karena Google akan mempertimbangkan untuk menampilkan situs web Anda di halaman teratas hasil pencarian. Saat audiens mencari kata kunci tertentu, Google berusaha menampilkan situs yang paling kredibel, informatif, dan terpercaya kepada pengguna. Dan backlink adalah salah satu indikator website yang bagus tersebut. 

Google Menemukan Situs Anda Melalui Tautan Balik

Algoritma Google itu misterius dan sebenarnya tidak ada formula pasti dalam SEO. Tetapi, satu hal yang selalu Google lakukan adalah mereka mencari situs web yang bagus dan relevan dengan kata kunci setiap hari. Semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin mudah Google menemukan halaman Anda.

Tetapi Anda perlu berhati-hati. Mendapatkan begitu banyak backlink dari situs web yang tidak jelas dapat dianggap sebagai spam yang tidak disukai mesin pencari. Karena itu, membangun backlink juga adalah pekerjaan yang tidak sederhana. Pertimbangkanlah untuk mencari agensi SEO atau jasa backlink terpercaya untuk menerapkan strategi backlink terbaik bagi situs Anda.

Backlink yang Relevan Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Situs Web

Katakanlah Anda memiliki situs web dengan ceruk khusus seperti kaos, maka sangat bagus jika Anda mendapatkan tautan balik dari situs web lain yang lebih besar dengan ceruk fashion, misalnya. 

Ketika Anda mendapatkannya, backlink tersebut menjadi legitimasi  bahwa situs web Anda memiliki tautan yang kredibel dan terpercaya untuk dunia fashion. Hal ini tidak begitu efektif jika Anda mendapatkan backlink dari situs yang tidak akan relevan. Jadi, cari situs yang memiliki Domain Rating bagus namun tetap sesuai dengan niche website Anda. 

4. Backlink Mendatangkan Traffic ke Website

Menurut SEMrush, backlink dan guest posts secara efektif dapat meningkatkan traffic organik ke  situs web. Tentu ini terjadi jika situs pemberi backlink sudah cukup banyak dikunjungi oleh pengguna.   

Backlink dari situs web yang lebih besar juga dapat menghasilkan lebih banyak audiens baru. Mungkin ada sejumlah pengunjung setiap sebuah blog, lalu pada satu hari dia menemukan link yang mengarah ke situs Anda. Jika blog Anda cukup menarik, maka dia pun akan menjadi audiens baru di situs Anda.

Jenis-Jenis Backlink 

Setelah memahami tentang apa itu backlink, sekarang kita akan membahas lebih jauh mengenai jenis backlink apa saja yang bernilai bagi website Anda. Tidak semua backlink bisa bermanfaat bagi situs Anda, beberapa di antaranya bahkan bisa berdampak buruk. 

Berikut beberapa kriteria backlink yang bagus. 

1. Kredibilitas Situs Pemberi Backlink

Backlink yang paling berharga berasal dari situs web yang berkualitas dan punya traffic besar. Untuk mencari tahu kredibilitas sebuah situs, Anda dapat memanfaatkan tools seperti Ahrefs untuk mengecek Domain Rating dan Domain Authority situs tersebut. 

Domain Authority biasanya dinilai berdasarkan skala 0-100. Semakin tinggi nilainya, maka semakin bagus situs tersebut. Anda pun dapat mengecek Domain Authority situs Anda sendiri. 

2. Penempatan Link 

Penempatan backlink yang baik sebaiknya berada di body artikel. Jika Anda pernah mendengar aktivitas blogwalking atau berkomentar di blog orang lain untuk mendapat backlink, sesungguhnya ini tidak terlalu efektif saat ini. 

Untuk mendapatkan backlink di body artikel, cara yang umum adalah dengan membangun blog pendukung di platform seperti Blogspot, WordPress, Kaskus, Kompasiana dan lain sebagainya. Dengan platform tersebut kita dapat membuat dan menempatkan backlink yang kita mau. 

3. Pertimbangkan Dofollow dan Nofollow

Saat sebuah backlink dipasang pada sebuah situs web maka ada dua kemungkinan ketika dibaca oleh pencari yakni dofollow dan nofollow. Link dofollow adalah atribut HTML yang mengizinkan mesin pencari untuk menelusuri lebih lanjut link yang ada di sebuah situs. 

Sebaliknya, link nofollow tidak mengizinkan itu sehingga mesin pencari akan melewatinya begitu saja. Link dofollow dianggap sebagai backlink oleh Google sementara Nofollow tidak. 

Karena itu, para pakar seo mencari situs-situs yang menerapkan link dofollow..

4. Dapatkan Backlink Yang Tidak Pernah Ditautkan ke Website Anda Sebelumnya

Jika Anda memiliki backlink untuk xyz.com selama tiga belas kali berturut-turut, itu tidak akan menjadi strategi SEO yang ampuh. Temukan situs web lain yang lebih besar untuk memiliki tautan balik ke situs web Anda. 

  1. Buat Backlink dengan Anchor Text Yang Spesifik Keyword

Sebuah backlink akan lebih baik jika dipasang dengan anchor text yang menyertakan kata kunci target Anda. Misalnya, situs kamu sedang menargetkan kata kunci penjualan untuk produk kaos. Maka anchor text yang bagus untuk backlink adalah “jual kaos”, “jual kaos murah” dan lain sebagainya. 

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu backlink dan peranannya dalam SEO. Anda juga dapat menggunakan tools backlink checker seperti blog SEMrush dan Ahrefs  untuk mengetahui siapa saja  yang menautkan link ke situs Anda. Tools tersebut juga penting untuk membantu mengatur strategi membangun backlink..

Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukan strategi backlink sendiri, Anda bisa meminta bantuan agensi digital marketing yang sudah  terpercaya. SMEBro adalah digital agensi yang memiliki pengalaman membantu mengoptimalkan situs web bisnis baik dalam maupun luar negeri. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa layanan kami seperti jasa seo, digital advertising dan web development.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *